Yamaha Siapkan Sepeda Motor Injeksi dan Listrik untuk Pasar ASEAN 
TOKYO, KOMPAS.com —  Untuk memperkuat daya  cengkeramnya  di ASEAN   dan negara Asia lain dengan perekonomiannya   tumbuh pesat, seperti India dan China,  Yamaha Jepang mempersiapkan  produk dengan teknologi yang lebih canggih. Strategi ini bisa pula  dinilai untuk memperkuat daya saingnya terhadap Honda yang merajai pasar  sepeda motor di kawasan Asia dan ASEAN.
Rencana Yamaha  menelurkan  produk baru dan canggih tersebut terungkap dari  program  
yang dipresentasikan dalam rangka meningkatkan penjualan saham mereka  publik atau bursa efek  mencapai 812 juta  dollar AS atau 76.106.720.000  yen (bila dikonversi menjadi Rp 7.389.200.000.000) pada minggu lalu.Irit bahan bakar
Dijelaskan, sebagian dana yang diperoleh dianggarkan untuk mengembangkan bisnis sepeda motor di negara berkembang, terutama Asia yang terus mengalami pertumbuhan tinggi. Untuk itu Yamaha akan melakukan ekspansi agresif, baik kuantitas maupun kualitas produk.
Dijelaskan pula, perusahaan berlogo tiga garputala ini akan mengembangkan sepeda motor irit bahan bakar yang merupakan tuntutan konsumen di negara-negara ASEAN. Karena itu pula, dalam waktu dekat Yamaha akan mengembangkan dan memasarkan sepeda motor berteknologi injeksi. Di samping itu juga akan memperkuat image dengan meluncurkan model baru.
Direncanakan pula, produsen nomor dua di Jepang ini akan mengembangkan sepeda motor listrik dan sepeda bermotor listrik. Khusus untuk negara-negara ASEAN, termasuk Indonesia—pasar terbesar Yamaha di dunia saat ini—produk yang akan dipasarkan semakin irit konsumsi bahan bakarnya. Target Yamaha, konsumsi bahan bakar bisa diturunkan sampai 50 persen sampai pada 2015 dibandingkan dengan produknya yang dibuat pada 2008.
Untuk ini, Yamaha akan mengucurkan dana 202 miliar yen (Rp 19,594 triliun) dalam tiga tahun fiskal 2010-2012. Sedangkan untuk riset pengembangan mesin ramah lingkungan, dialokasikan 34,7 miliar yen (Rp 3,366 triliun).
India dan China
Strategi lain yang dilakukan Yamaha adalah mengurangi biaya aktivitas agar laba perusahaan naik. Sedangkan untuk pasar India dan China, Yamaha akan membuat sepeda motor harga murah. Tujuannya untuk meningkatkan volume dan membangun jaringan penjualan yang semakin tinggi permintaannya.
Di China, Yamaha juga akan  meluncurkan model baru yang memenuhi standar emisi gas buang, membangun   jaringan penjualan di luar kota, dan melakukan  kerja sama dengan  pabrikan lokal.  Dengan cara tersebut diharapkan volume penjualan akan  meningkat di negara tersebut. Karena itu pula, akan terus memperkenalkan  model baru untuk menarik konsumen.
Juga di rencana lain, India  dan China akan dijadikan pusat produksi  sepeda motor untuk pasar  global. Untuk itu, sekitar 19,3 miliar yen  (Rp 1,87 triliun)   dianggarkan untuk investasi membuat  sepeda motor murah di India dan  China. Program lainnya,  8 miliar yen (Rp 776 miliar) untuk  mengembangkan motor listrik dan sepeda bermotor listrik
 













 
 
Tidak ada komentar:
Posting Komentar